Selasa, 03 April 2012

TIPS & TRIK OPENSUSE 11.1

  1. Cara Mudah Menambah font di KDE 4.2


Menginstall font yang disukai ke dalam Desktop kesayangan anda, KDE. Ikutilah langkah saya dalam menginstal font berikut ini. Pertama, silahkan anda klik icon KDE pada sudut kiri bawah, KDE > applications > configure desktop. Jika jendelanya sudah terbuka, silahkan diklik pada icon Font installer.
Sebelumnya anda harus sudah mempunyai file font yang anda ingin masukkan, jika belum silahkan mencari dan memilih font yang cantik misalnya di http://www.dafont.com/. Rupanya ada dua versi font ini, ada versi gratis di download ada juga versi komersial, tergantung anda mau pilih gratis atau berbayar, jangan lupa ya pilih yang true type font (ttf). Sekarang kita ke tahapan selanjutnya yaitu mengklik tombol ada pada jendela font installer. Contoh file misalnya font new gothic textura.ttf. Pilih file fontnya dan klik tombol open.

Kemudian anda akan ditanya pilihan instal kemana, fontnya untuk personal (hanya untuk user anda) atau system (fontnya dapat dipakai oleh semua user termasuk sistemnya). Kalau anda pilih system anda akan ditanyai password root. Berikutnya akan tampil proses instalasi fontnya.
kini anda sudah memiliki tambahan font yang baru.

  1. Tombol Ctrl+Alt+Bacspace Akan Me-Restart Desktop Session


Cara paling cepat logout atau memaksa session desktop anda diulang adalah dengan menekan tombol ctrl+alt+backspace.
Tetapi, pada release OpenSuse 11.0 ini, anda harus menekannya dua kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar